Sabtu, 19 Maret 2011

Tempat Kacamata Flanel

Diposting oleh ainahafizah di 03.16
Yups, lagi-lagi aku membuat benda aneh dari kain flannel. Kali ini aku mau membuat kotak kacamata. Bentuknya sangat sederhana, yaitu bentuk kotak yang dikasih pita pada bagian depannya.  Awalnya aku bingung, mau membuat dengan warna apa. Pengennya sih warna kuning yang kuaplikasikan dengan warna hijau. Namun, setelah melihat kain flannel yang warna-warni, rencana berubah. Entah kenapa warna merah muda alias pink jadi pasangan yang cocok banget buat hijau. Alhasil, kolaborasi warna pink dan hijau lah yang akhirnya kubuat menjadi kotak kacamata mini ini.

Cara membuatnya sangat gampang. Hanya perlu kain flanel yang dipotong kotak. Untuk ukuran, aku memotong ukuran 20cm x 5cm untuk hijau dan 17cm x 5 cm untuk warna pink. Trus ada warna pink kecil dengan ukuran 1,5cm x 5 cm untuk garis pink dan ukuran 4cm x 8 cm untuk pita di bagian depannya. Aku juga memotong kain flannel warna hijau sepanjang 3cm x 1 cm untuk hiasan pita pink.

Upss, hampir saja lupa. Aku juga menggunakan kancing. Aku tidak tahu apa nama kancing itu, yang jelas kancing itu bisa dipergunakan untuk merekatkan kedua bagian flannel yang terpisah.
Langkah berikutnya adalah menjahit kancing tersebut pada bagian yang diinginkan, yaitu bagian luar pink dan bagian dalam hijau.

Setelah itu, jahit flannel pink dengan tusuk feston pada bagian hijau. Setelah itu, buat pita dengan flannel pink dengan cara mengerutkannya, lalu dijahit rapat. Setelah dijahit rapat, lalu beri lem pada flannel hijau kecil, lalu tutupi jahitan pita pink dengan flannel hijau ini.

Berikutnya, satukan bagian hijau dan pink dengan cara menjahitnya pada bagian dalam. Sebenarnya bisa saja menjahitnya dengan tusuk biasa yang diinginkan, tapi aku juga memakai tusuk festoon untuk bagian dalam ini. Jahit hingga bagian pink habis.

Setelah selesai dijahit, balik bagian dalam tersebut sehingga jahitan tersembunyi di bagian dalam. Maka hasilnya akan seperti ini.

Bagian belakangnya yang ditutup atau dikancing akan terlihat seperti ini :

Setelah itu, lem pita pink di atas garis berwarna pink secara melintang. Aku menggunakan lem putih sebagai perekatnya. Menurutku sebaiknya tidak menggunakan lem yang bisa memberikan kesan terbakar atau melepuh pada kain flannel.

Dan, selesailah tempat untuk kacamata dari flannel ala Aina ^o^...


0 komentar:

Posting Komentar

 

Aina's Room Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea