Jumat, 26 September 2014

Tutorial Bunga Kain Spiral

Diposting oleh ainahafizah di 20.05
Hello, selamat Sabtu pagi!!! ^o^
Pagi ini saya mau mengupload tutorial cara membuat salah satu bunga kain kesukaan mama saya. Sebenarnya mama cuma suka melihat tapi tidak pernah memakainya, karena memang bunga kain ini tidak sesuai dengan gaya berpakaian beliau. Mungkin di luar sana sudah ada tutorial serupa, tapi saya tidak tahu kata kuncinya jadi tidak tahu apa sebutan orang lain untuk bunga kain ini, tapi saya sendiri menyebutnya “Spiral Flower”.
Yosh, silakan disimak!
1.      Siapkan bahan seperti kain yang sudah dipotong persegi, lem tembak, jarum, benang, kain felt yang telah digunting bulat, dan hiasan. Jika ingin menambahkan renda, rajutan, beads, atau yang lainnya sebagai hiasan tambahan, ya silakan ^o^
Kain yang saya gunakan di sini adalah kain kaos dan ukurannya adalah 3cm. Jika menggunakan 3 warna, maka masing-masing warna harus ada 12 potong kain. Sedangkan jika memakai 2 warna seperti yang saya contohkan ini, masing-masing harus ada 18 warna. Sedangkan untuk ukuran lingkaran felt saya lupa karena saya sudah punya cetakannya jadi saya hanya perlu menggunting. Tapi perkirakan saja sebesar apa Anda ingin membuatnya.
2.      Lipat kain menjadi segitiga.

3.      Lipat sekali lagi menjadi segitiga yang lebih kecil.
4.      Lipat seperempat bagian dari segitiga kecil ke atas.
5.      Lipat lagi ke bawah seperti foto.
6.      Kemudian lipat sekali lagi ke atas.
7.      Lakukan hal yang sama pada bagian segitiga yang di sebelahnya, hingga hasilnya seperti di foto.
8.      Tusuk lipatan kain dengan jarum dan amankan pada bagian ujung benang saat kita menjahit.
9.      Lakukan hal yang sama hingga 6 buah. Kemudian jahit menjadi satu.
10.  Lakukan hal yang sama pada lapisan bunga kedua dan ketiga. Untuk lapisan bunga kedua terdapat 12 kelopak dengan 2 kelopak berwarna sama berdekatan. Untuk lapisan bunga ketiga terdapat 18 kelopak dengan 3 kelopak berwarna sama berdekatan.
11.  Balik lapisan bunga ketiga. Pastikan lapisan terakhir tersebut memiliki lingkaran yang serupa dengan kain felt yang telah kita jadikan dasar bunga. Kemudian lem menggunakan lem tembak pada bagian dalam bunga.
12.  Balik kembali dasar bunga sehingga bagian depan menghadap ke atas. Lem lapisan kedua di atas lapisan ketiga. Pastikan Anda menggeser sedikit warnanya.
13.  Lakukan hal yang sama pada lapisan pertama. Pada bagian atas, lem hiasan sebagian pusat bunga. Selesai!!!
Sangat mudah bukan? Hehehe :p
Silakan mencoba! Jika menggunakan kain satin, silakan di bakar tepiannya dulu. Jika memakai kain katun, langsung saja dilipat dan dijahit. Silakan juga menambahkan apa yang Anda sukai, entah itu renda, rajutan, beads, manik-manik, monte, pita, daun, felt, clay, dll. Saya di sini hanya berbagi cara dasar untuk membuat spiral flower ini.
Ini adalah salah satu modifikasi spiral flower yang saya buat. Karena saya suka bunga matahari, maka saya membuat bunga matahari ini.
Jika Anda sering mengamati blog saya, Anda pasti tahu ada yang berbeda dengan postingan saya kali ini. Tapi abaikan saja, hehehe :p
Baiklah, sampai jumpa di lain waktu dan mari belajar!!! ^o^

0 komentar:

Posting Komentar

 

Aina's Room Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea