Sabtu, 10 Februari 2018

Tutorial Membuat Kotak Pensil Cantik dari Stik Es Krim

Diposting oleh ainahafizah di 21.05
Hai, selamat siang di hari Minggu yang cerah! ^o^
Sudah lama saya tidak menulis tutorial kerajinan tangan. Kali ini saya mau membagikan cara membuat kotak pensil serbaguna (karena saya juga menggunakannya untuk tempat kuas make up) yang terbuat dari stik es krim. Masih ingatkah dengan karya saya ini?
Mari saya bagikan cara membuatnya. Silakan menyimak!
Tahap pertama, sediakan bahan-bahan yang diperlukan, yaitu stik es krim, gunting, lem tembak, kuas, cat akrilik, pulpen, spidol besar, cutting mat, dan kertas (untuk alas saat mencat, gunakan saja kertas bekas atau koran yang sudah tidak terpakai).

Tahap kedua, tandai ukuran tinggi stik es krim. Saya menggunakan tinggi 8 cm dan 6 cm. Stik dengan panjang 6 cm saya gunakan untuk bagian dalam sebagai penghubung antar stik. Gunakan cutting mat sebagai patokan agar bisa mengontrol kerapiannya, karena kadang lebar antar stik berbeda. Kemudian lem menggunakan lem tembak.
Tahap ketiga, buat sebanyak 4 buah dengan ukuran serupa.
Tahap keempat, satukan keempat bagian menjadi satu dengan menggunakan lem tembak pada sisi yang bersentuhan.
Tahap kelima, saat menyatukan menjadi satu, usahakan agar persegi menggunakan ukuran di cutting mat (tidak miring sehingga menjadi trapesium atau jajar genjang, kecuali Anda memang sengaja mau membuat bentuk itu).
Tahap keenam, balik bilik/kotak yang sudah dibuat (bagian dengan ujung melingkar sebagai atas dibalik menjadi dibawah). Kemudian lem stik es krim pada bagian bawah. Gunakan lem tembak pada setiap sisi stik yang bersentuhan.
Tahap ketujuh, siapkan cat akrilik dan kuas.
Tahap kedelapan, cat bagian dalam terlebih dahulu. Kemudian cat bagian luar mengikuti alur stik.
Tahap kesembilan, setelah cat akrilik kering, gunakan spidol untuk menulis atau menggambar hiasan di kotak. Tunggu beberapa menit hingga tinta spidol mengering. Jika Anda suka, silakan tambahkan pernis agar cat lebih awet dan tidak terkelupas. Tapi saya tidak menggunakan pernis karena warnanya akan menjadi glossy, dan saya sedang suka yang matte.
Bagaimana? Mudah bukan?
Semoga saya bisa mengupload tutorial lagi yaa tahun ini, hehehe ^_^

0 komentar:

Posting Komentar

 

Aina's Room Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea