Senin, 16 Januari 2012

Mengatasi Bulu Hamster yang Lembab

Diposkan oleh ainahafizah di 18.07
Kadang aku kesal jika melihat bulu hamster kesayangan lembab atau basah. Rasanya makhluk kecil nan imut itu terlihat seperti gembel. Bulunya yang seharusnya lembut dan wangi terlihat mencuat ke mana-mana. Apakah hamster bisa berkeringat sebanyak itu? Entahlah, aku sendiri tidak tahu apakah hamster bisa berkeringat atau tidak, apalagi sebanyak itu. Lalu timbul pertanyaan bagaimana cara mengatasinya?

Okay, kali ini aku berbagi sedikit pengalamanku mengatasi bulu hamster yang lembab atau basah. Tentu saja hal pertama yang kita lakukan adalah memeriksa keadaan kandang. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan (yang sebenarnya berkaitan satu sama lain) :


1.     Tipe kandang
Tipe kandang hamster berbeda-beda, ada yang dari palstik seperti akuarium, ada yang berteralis besi namun lantainya terbuat dari palstik, dan ada yang berteralis besi dengan lantai teralis besi juga (dibawahnya biasanya terdapat wadah yang bisa ditarik).
Nah, tipe kandang yang berteralis besi pada lantainya biasanya membuat bulu hamster lembab, karena hamster menjadi terbiasa bersembunyi di rumah atau terowongan sehingga bulunya menjadi lembab karena udara yang kurang.
Jadi, untuk mengatasinya (pada kandang dengan lantai teralis besi) adalah dengan cara menyediakan atau membuat lantai berukuran kecil agar hamster bisa nyaman berada di atasnya (aku memilih untuk membuat http://ainahafizah.blogspot.com/2012/01/tempat-tidur-untuk-hamster.html). Hal ini dilakukan agar bulu tetap bersentuhan dengan udara dan tetap kering. Sedangkan jika menggunakan kandang seperti akuarium, maka harus sering mengganti serbuk kayu atau batu kerikil alasnya, dan jangan lupa mengajak hamster untuk jalan-jalan (keluar dari kandang).
2.    Terowongan dan rumah-rumahan
Pada kandang hamster yang besar biasanya terdapat terowongan dan dapat diletakkan rumah-rumahan di dalamnya. Hamster kadang suka bersembunyi di terowongan dan tidak mau keluar, kecuali lapar. Hamster yang terlalu sering bersembunyi di terowongan akan menyebabkan bulunya lembab dan bisa saja tercampur dengan air kencingnya, selain itu hamster akan menjadi pemalas dan tubuhnya perlahan akan menjadi kurus. Sama halnya dengan hamster yang suka bersembunyi di dalam rumah-rumahan, bulu hamster yang lembab akan membuat butiran pasir mandi yang diletakkan dalam rumah-rumahan akan menempel (hamster malah tambah kotor).
Jadi, untuk mengatasinya adalah dengan cara dalam kurun waktu tertentu terowongan harus dilepas dan dibersihkan. Biarkan kandang hamster tanpa terowongan untuk beberapa waktu. Untuk rumah-rumahan, maka pasir mandi harus diganti sesering mungkin (diganti setiap hari), agar air kencingnya yang mungkin menempel pada pasir tidak kembali menempel ke bulunya.
3.    Botol minum
Botol minum yang bocor seringkali menyebabkan kandang banjir. Untuk mengatasinya tentu saja dengan menutup rapat sela-sela botol yang bocor, mengubah posisi atau letak botol, maupun membeli botol minum yang baru.
4.    Pasir mandi
Pasir mandi yang tidak diganti dan sering dijadikan toilet (dikencingi hamster) biasanya akan membuat bulu hamster menjadi kotor. Untuk mengatasinya tentu saja mengganti pasir mandi secara rutin (setiap hari), terutama kandang yang didiami banyak hamster di dalamnya.
5.    Serbuk kayu
Menurut pengalamanku, serbuk kayu menyerap air sehingga kandang menjadi lembab. Selain itu, kandang akan menjadi bau jika serbuk kayu tidak diganti. Cara mengatasinya tentu saja dengan cara mengganti serbuk kayu secara rutin, terlebih jika basah harus segera diganti. Kalau aku sendiri, aku tidak suka menggunakan serbuk kayu, kecuali untuk hamster yang melahirkan dan merawat anak-anaknya, karena aku lebih memilih menggunakan batu-batu halus atau kerikil (ukurannya sekitar 2 x 3 mm), karena jika basah tidak menambah bau (khususnya bau pipis hamster).
Nah, itu sedikit pengalaman yang bisa kubagikan. Semoga bermanfaat dan hamster kita tetap cantik dan sehat!!! ^_^

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Aina's Room Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea