Rabu, 04 Mei 2011

Permen dari Amuntai

Diposting oleh ainahafizah di 06.09
Zaman terus berkembang sehingga makanan pun makin beragam. Berbagai modifikasi dilakukan terhadap makanan dengan berbagai tujuan. Namun, masih banyak makanan tradisional yang dipertahankan keberadaannya. Salah satunya adalah permen tradisional asal Amuntai, Kalimantan Selatan.
Sebenarnya aku tidak terlalu yakin permen ini adalah khas dari Amuntai. Namun, setahuku permen ini tidak bisa didapatkan dari daerah lain, kecuali Amuntai. Aku juga sering mendapatkan oleh-oleh berupa permen ini.
Dulu, sewaktu aku masih kecil, permen ini biasanya hanya ditemui saat ada acara pernikahan di Amuntai. Permen ini biasanya berbentuk bunga atau bebek. Namun, sekarang bentuknya sudah mengalami banyak perkembangan. Bahkan bentuk sepasang sandal pun ada. Permen ini juga tidak hanya bisa ditemui saat ada acara pernikahan, namun juga pada saat-saat biasa di pasaran, dan tentu saja itu harus pasar yang berada di Amuntai.
permen bentuk bebek

permen bentuk keranjang dan bunga
permen bentuk sandal

Permen ini rasanya sangat manis. Mungkin rasa manis ini dipengaruhi oleh bahan baku utamanya yaitu gula. Sayangnya, aku tidak tahu pasti bahan-bahan untuk membuat permen ini. Namun, jika dilihat dari bentuk fisiknya bisa ditebak permen ini dibuat dari gula, air, dan pewarna makanan. Sedangkan untuk membentuknya, mungkin hanya orang Amuntai yang tahu caranya, hehehe…

0 komentar:

Posting Komentar

 

Aina's Room Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea