Senin, 20 Juni 2011

Pita Kain Sasirangan

Diposting oleh ainahafizah di 17.42
Aku suka sekali dengan pita, semua yang berbentuk pita, dan semua yang berhiaskan pita. Tas, baju, sepatu, jepit rambut, bando, atau apapun yang ada hiasan pitanya, maka aku suka. Dulu, aku sering membeli hiasan rambut berbentuk pita yang terbuat dari kain. Aku penasaran dengan cara membuatnya. Setelah pita itu kuotak-atik, aku tahu bagaimana cara membuatnya. Tapi, kali ini aku tidak akan membuat pita kain seperti itu. Lagipula aku sudah pernah mempost pita yang dari kain di blog ini, hanya saja aku lupa memfoto langkah pembuatannya. Hehehe…


Baiklah, kali ini aku membuat pita dari kain sasirangan. Kain sasirangan adalah kain tradisional khas Kalimantan Selatan, tempat tinggalku. Sasirangan ini terdapat dalam berbagai jenis kain, seperti sutra, semi sutra, katun, dan lainl-lain (aku tidak tahu jenis-jenis kain, maaf). Aku biasanya suka sasirangan dari sutra, tapi kali ini aku menggunakan sasirangan dari kain semi sutra. Hal ini karena kain semi sutra lebih tebal dan tidak terlalu licin. Sedangkan sasirangan dari sutra cocok untuk tempat ponsel karena kainnya sangat lembut.
Aku memilih kain sasirangan berwarna hijau dari seluruh tumpukan kain perca sasirangan yang ada di rumah. Untuk membuat pita kali ini, aku juga mempergunakan kain lain yang tipis (sekali lagi maaf, aku tidak tahu jenis kainnya). Bahan penunjang lainnya adalah jarum, benang berwarna hijau, kain flannel berwarna krem, jepit rambut, gunting, serta lem.
Langkah membuatnya sederhana, pertama kain sasirangan digunting berbentuk persegi panjang, begitu juga dengan kain hijau polos lainnya, namun kain polos ini digunting lebih besar dan zig-zag pada bagian tepinya. Kemudian, tumpang kedua kain tersebut dengan posisi kain sasirangan di bagian atas.
Langkah kedua adalah menentukan bagian tengah pita. Kemudian, kerutkan bagian tengah tersebut membentuk pita. Kedua kain dikerutkan sekaligus. Setelah kerutan dirasa sesuai, maka jahit menggunakan benang hingga kuat.
Langkah ketiga adalah menambahkan kain flannel berwarna krem untuk menutup jahitan di bagian tengah pita. Aku memilih kain flannel warna krem karena kurasa warna hijau tua cocok dengan warna itu. Selain itu, kurasa kain flannel berwarna hijau, baik hijau terang, hijau mudan, hijau tua, atau hijau lumut kurang cocok.
Langkah terakhir adalah menempelkan pita yang telah jadi ke jepit rambut yang telah disediakan. Tunggu lem kering, lalu pita pun siap dipakai. ^_^

0 komentar:

Posting Komentar

 

Aina's Room Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea