Senin, 13 Agustus 2012

Waspadai Hamster yang Pertama Kali Melahirkan

Diposting oleh ainahafizah di 15.43

Pagi! Kali ini aku mau berbagi tentang pengalamanku memelihara hamster, khususnya hamster betina yang baru melahirkan dan pertama kali menjadi ibu hamster. Ingatkan beberapa hari yang lalu aku memperkenalkan anggota keluarga baru hamsterku, ada 6 bayi hamster anak Regina. Sayangnya semua anak Regi mati di hari pertama kelahiran mereka. Sedih sekali rasanya.
Kejadian serupa juga pernah terjadi pada Ro (ingat hamster betina kesayanganku kan?). Pertama kali Ro melahirkan 5 bayi hamster, namun mereka semua mati setelah berumur sehari. Aku tidak terlalu yakin dengan penyebabnya,tapi berdasarkan pengalaman pada Ro dan Regi, kemungkinan besar penyebabnya adalah mereka baru pertama kali melahirkan dan menjadi ibu sehingga insting mereka belum terlalu peka.

Pada kasus pertama, Ro melahirkan 5 bayi hamster, tapi dia terlihat sangat cuek, masih senang bergerak ke sana kemari. Ro juga tidak mau menyusui bayi-bayinya. Sama halnya dengan Regi, dia cuek dan tetap aktif setelah melahirkan, namun tidak mau menyusui bayi-bayinya. Alhasil bayi-bayi hamster mereka mati.
Insting hamster sebagai ibu memang belum keluar jika hamster itu melahirkan terlalu dini, di bawah usia 4 bulan kalau tidak salah. Hal ini sesuai dengan Regi yang usia baru 3,5 bulan. Sedangkan Ro pertama kali melahirkan di usia 7 bulan. Agak mengherankan memang karena usia Ro sudah lebih dari 4 bulan. Hal ini mungkin disebabkan oleh sifat Ro yang manja. Tentu saja, sebagai hamster kesayanganku, Ro yang paling diperhatikan. Tapi aku tidak terlalu yakin, karena aku bukan ahli hamster. Hehe…
Memang ada kasus ibu hamster yang memakan bayi-bayinya untuk memulihkan energi pasca melahirkan, stress, atau bayi hamster itu memang mati agar tidak menularkan penyakit atau mengundang hewan lain ke kandang. Tapi pada kasus kematian bayi-bayi Ro dan Regi,bayi-bayi tersebut masih utuh badannya, ibu mereka sama sekali tidak menggigit atau memakan, hanya mengacuhkan saja. Sebanarnya sebagai pemilik, kadang memang muncul perasaan ingin menolong, tapi apa daya, mau menyusui bayi hamster bagaimana caranya?
Jadi, hamster yang pertama kali melahirkan memang harus mendapat perhatian lebih. Karena mereka rentan mati dan terkena penyakit.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Aina's Room Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea