Minggu, 10 Juni 2012

Menghias Sandal dengan Bunga Kain

Diposting oleh ainahafizah di 19.16

Pasti sudah familiar kan dengan yang namanya sandal jepit? Nah, kali ini aku akan menghias sandal jepit dengan hiasan bunga dari kain katun. Sebenarnya aku membeli sandal jepit ini karena aku lupa membawa sandal saat akan masuk ke laboratorium. Nah, aku malas untuk mengambil ke rumah karena rumahku jauh dari kampus, jadi aku membeli sandal jepit di warung yang agak jauh dari kampus. Sebenarnya sejak awal membeli aku sudah berniat untuk menghiasnya agar muncul kesan ceweknya. Awalnya aku ingin membuat pita saja mengingat aku maniak pita, tapi akhirnya aku membuat bentuk bunga saja. Tertarik untuk menghias sandal jepit juga? Yuks baca langkah-langkah membuatnya ala Aina. J
Bahan-bahan untuk menghias sandal jepit sangat sederhana, yaitu pita yang lebarnya 1 inchi (aku menggunakan warna hijau muda motif kotak), kain katun (aku menggunakan kain motif bunga warna kuning dan kain hijau motif kotak), gunting, jarum, benang, kain flannel (aku menggunakan kain flannel warna merah) atau gunakan kancing untuk bagian tengah bunga, dakron, dan lem tembak.

Langkah menghias sandal jepit (maaf, aku lupa memfoto langkah-langkahnya), yaitu:
1.      Gunting kain katun berbentuk bulat sebanyak 12 lembar (masing-masing bunga 6 lembar). Jahit sekeliling lingkaran kain menggunakan tusuk jelujur, tarik hingga membentuk bola atau parasut. Sebelumnya, masukkan sedikit dakron untuk memberi volume.
2.      Gunting kain katun hijau berbentuk daun sebanyak 8 lembar. Satukan 2 lembar kain menggunakan tusuk jelujur kemudian isi bagian dalamnya menggunakan sedikit dakron.
3.      Gunting kain flannel seukuran uang koin kemudian jahit menggunakan tusuk festoon. Bagian dalamnya diberi sedikit dakron.
4.      Lilitkan pita pada sandal jepit, gunakan lem tembak untuk merekatkannya.
5.      Susun dan temple hiasan daun dan bunga yang telah dibuat ke atas sandal jepit.
Yups, begitulah caraku menghias sandal jepit. Orangtuaku sempat bertanya, bagaimana mencucinya dan bagaimana jika rusak? Jawabanku sederhana, bisa dicuci kok karena menggunakan lem tembak yang Insya Allah tidak akan lepas dan jika memang pada akhirnya rusak, ya gampang, tinggal hias ulang. Hahaha… J

0 komentar:

Posting Komentar

 

Aina's Room Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea